Nipple Ayam

Nipple Ayam

Nipple Ayam adalah alat minum ayam inovasi dari tempat minum ayam manual. Niple ayam atau napel ayam biasanya dipakai pada kandang kandang modern close house, namun sekarang juga banyak peternak dengan kandang open dan semi close yang sudah beralih ke sistem nipel . Nipple ayam memang di sukai oleh para peternak modern dikarenakan sistemnya yang mudah. Para peternak tidak perlu lagi repot untuk mengganti air seperti sistem minum yang manual. untuk kesegaran dan kebersihan air tetap terjaga karena air dari kran sudah di filter sebelum masuk dalam box control. Selain itu juga air lebih higienis karena tidak tercampur dengan kotoran seperti pada tempat minum ayam manual

Nipple ayam terbagi menjadi 2 jenis yaitu nipple untuk ayam broiler atau pedaging dan nippel untuk ayam petelur. untuk pemasangan nipple pada kandang close house ayam broiler biasanya pada pipa dengan panjang 4 m dengan jarak sekitar 15-20 cm. Untuk pemasangan dianjurkan tidak langsung dari kran air, sebab tekanan air dari kran sangat besar. Jadi untuk pemasangannya harus memakai water regulator , housing filter dan box control. Regulator inilah yang bertugas untuk menurunkan tekanan air dari kran agar tidak menyembur saat mendistribusikan ke pipa.

Untuk pemasangan nipple sistem ini harus dikerjakan secara hati hati agar tidak terjadi kebocoran , pipa yang melengkung, serta sistem katrolnya. pemasangan pipa harus lurus sejajar dari ujung ke ujung. Untuk sistem katrol digunakan agar bisa diatur naik turunnya saat ayam masih doc dan jika dewasa. Jika pemasangan nipple salah maka air yang jatuh dari tetesan nipple akan menyebabkan bau kandang serta ayam akan terkena infeksi.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *