Nipple Ayam

Pada peternakan ayam kandang close house, sistem minum nya menggunakan nipple. Nipple digunakan karena pengoperasiannya yang mudah dan tidak repot. Bagi para peternak menggunakan sistem nipple merupakan suatu keuntungan dikarenakan tidak perlu repot mengganti air lagi karena sistemnya menggunakan pipa paralon. Peternak hanya perlu mengecek bak control saja.

Alat Minum Nipple,  orang sering menyebutnya dengan nama napple, nipel, pentil ataupun nepel. Walaupun begitu fungsi tetap sama yaitu untuk minum ayam. Nipple ayam akan dipatuk oleh ayam dan air akan menetes, air itulah yang diminum ayam.

Nipple ayam dipasang pada pipa 3/4 inch atau 1/2 inch tergantung dari ukuran nipple, namun kebanyakan di lapangan memakai pipa 3/4 inch. Pemasangan Nipple diatur jaraknya yaitu 25 sampai 30 cm setiap nipplenya, untuk penggunaan satu buah nipple bisa untuk 10 ekor ayam.

Pada bagian ujung pipa satu dipasangkan waterpressure regulator dan ujung pipa satu dipasang end set yang bertujuan mengeluarkan udara yang berada dalam pipa agar air nipple keluarnya lancar.

Nipple ayam kadang di gunakan pada kandang ayam dengan sistem semi close house yang ayamnya diatas 3000 ekor. Perawatannya yang mudah yaitu di cek sebulan sekali apakah ada nipple yang buntu sehingga air tidak keluar pada nipple.

Nipple terbagi menjadi dua yaitu nipple yang digunakan untuk ayam petelur dan nipple yang digunakan untuk ayam pedaging. Ada juga nipple yang digunakan khusus untuk burung puyuh.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *