KANDANG BROILER KONVENSIONAL

KANDANG BROILER

Dalam pembuatan kandang broiler harus diperhatikan tingkat kenyamanan terhadap ternak, karena hal tersebut sangat berpengaruh. Selain mampu memberikan produksi yang optimal juga harus memenuhi persyaratan kesehatan.

 

TEMPAT PAKAN

Tempat Pakan ayam untuk ayam broiler bervariasi ukuran dan jenisnya antara lain tempat pakan ayam manual, baby chick feeder, dan super feeder. Tempat pakan ayam maual memiliki ukuran dan kapasitas yang disesuaikan dengan kandang ayam para peternak mulai dari ukuran 1kg, 3kg, 5kg, 6kg, 7kg hingga 10kg. Baby chick feeder merupakan tempat pakan ayam yang memang digunakan khusus DOC digunakan sampai umur 14 hari. Tempat pakan super feeder merupakan inovasi terbaru karena penggabungan antara baby chick feeder dan tempat pakan manual, super feeder dapat digunakan pada ayam DOC hingga dewasa. Super feeder terdiri dari ukuran yang 5 kg, 7kg dan 10kg, untuk super feeder yang 5 kg terdapat 2 jenis yaitu yang menggunakan protector dan ada yang tidak. Untuk yang menggunakan protector difungsikan agar pakan tidak tercecer waktu ayam memakan pakannya.

TEMPAT MINUM

Tempat minum ayam untuk ayam broiler dibagi menjadi 2 jenis yaitu tempat minum manual dan otomatis. Untuk tempat minum yang manual terdapat ukuran 600cc, 1 liter, 1 galon dan 2 galon. untuk 1 galon setara dengan kapasitas 2 liter, sedangkan 2 galon setara dengan 5 liter. Tempat minum ayam manual untuk pengaplikasiannya butuh waktu karena harus sering dicek apakah air sudah waktunya diisi atau belum. Untuk tempat minum yang otomatis pengaplikasiannya lebih mudah karena kita hanya memasang sebuah pipa yang terhubung dengan aliran air, lalu selang dari tempat minum otomatis tinggal disambungkan ke pipa. Jika air pada TMAO habis maka otomatis katup yang berada pada mekanisme akan terbuka dan mengalirkan air ke tabung TMAO menuju bawah, sebaliknya jika air penuh maka katup akan menutup.

PEMANAS 

Pemanas kandang ayam berperan penting dalam kesuksesan usaha ternak ayam broiler dikarenakan jika kondisi cuaca dingin atau extrim maka pemanas digunakan untuk menghangatkan suhu ruangan kandang agar ayam tidak kedinginan dan mati. Pemanas yang digunakan bisa menggunakan kompor minyak tanah yang memakai canopy juga bisa menggunakan LPG. kebanyakan sekarang para peternak sudah mengguanakan pemanas yang memakai LPG dikarenakan lebih mudah untuk menaruhnya dan tidak makan tempat juga daya sebarnya luas.

KIPAS

Kipas Kandang ayam digunakan pada saat kondisi cuaca panas. Untuk kandang ayam broiler yang terbuka perlu memakai kipas kandang untuk mengurangi suhu kandang yang terlalu panas. Kipas kandang yang digunakan standard ukuran yaitu 30″ yang dipasang di dinding.

PERLENGKAPAN SUPPORT

Perlengkapan support disini sebagai pendukung untuk kesuksesan dalam usaha beternak ayam broiler. Diantaranya alat alat yaitu, katrol, timbangan digital, pulley, kawat seling, alat pengukur suhu, alat pengukur kelembaban kandang, alat pengukur kadar air dan lain lain

 

Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi kontak kami yang tersedia.

 

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *