Tempat Minum Ayam

Tempat minum ayam merupakan peralatan kandang yang sangat penting dikarenakan tanpa tempat air minum ayam akan mati kehausan, oleh karena itu tempat minum harus terpenuhi dengan baik. Di lapangan terdapat banyak sekali tempat minum untuk ayam atau unggas, mulai tempat minum manual, tempat minum otomatis, tempat minum nipple serta talang minum untuk ayam petelur.

  • Tempat Minum Manual : Pada umumnya penggunaan tempat minum manual untuk peternak ayam dengan skala kecil, karena efisien dan juga harganya murah. tempat minum manual terdiri dari beberapa ukuran yaitu 600ml , 1 liter, 1 galon (setara dengan 2 liter), 2 galon (setara dengan 4 liter). Tempat minum manual tidak cocok untuk peternak dengan ayam yang banyak dikarenakan tempat minum pasti akan banyak yang tumpah karena aktivitas ayam yang berlebih. Tempat Minum Manual digunakan untuk ayam dibawah 200 ekor.

 

  • Tempat Minum Otomatis : Untuk tempat minum otomatis digunakan untuk kandang ayam dengan skala diatas 500. penggunaan lebih mudah dikarenakan peternak tidak perlu repot dalam hal pengisian air minum ayam. Sistem dari tempat minum otomatis akan mengisi sendiri apabila air pada bell drinker berkurang. Perbandingan untuk tempat minu otomatis adalah 1 : 65 artinya 1 buah tempat minum otomatis digunakan untuk 65 ekor ayam.

 

  • Tempat Minum Nipple : Tempat minum nipple digunakan pada kandang sistem close house. Pemakaian tempat minum nipple juga memudahkan peternak agar tidak sering mengganti air minum karena sistem tempat minum nipple memakai paralon yang diatur dari torren. tempat minum nipple juga efisien karena air yang dikeluarkan dari pipa sesuai dengan kebutuhan minum ayam dan tidak menimbulkan becek pada lanti atau sekam alas kandang.

 

  • Talang Minum Ayam Petelur : Talang minum ayam petelur biasanya berukuran 2″ berbentuk paralon yang melengkung. Kelemahan dari sistem talang minum ini adalah banyaknya pakan yang terbuang ke tempat minum ini sehingga tempat minum akan terlihat kotor dan berimbas terhadap kekebalan tubuh ayam. Para peternak ayam petelur sekarang banyak yang beralih ke sistem nipple.