Tempat Minum

Dalam dunia peternakan ayam hal yang perlu diperhatikan agar peternakan ayam sukses adalah air. Tanpa air minum maka ayam akan kehausan dan akan berdampak pada kematian ayam. Air yang didapat bermacam – macam tergantung pada kondisi daerah masing masing. Ada dari PDAM, Sumur, Air dari sumber dan lain lain. Selain dari air juga harus ditentukan pemilihan tempat minum yang tepat sesuai dengan dana yang ada.

Ada banyak jenis tempat minum ayam yang digunakan di peternakan, dan disesuaikan dengan jumlah populasi ayam yang diternak. Jenisnya antara lain adalah tempat minum ayam manual, tempat minum ayam otomatis, tempat minum ayam nipple.

  • Tempat Minum Ayam Manual

Tempat minum ayam manual ini berbahan pvc dan memiliki ukuran yang bervariasi antara lain tempat minum ayam kecil ukuran 600ml, 1 liter, 1 galon (3 liter), dan 2 galon (5 liter). Tempat minum ayam manual ini memiliki kelebihan yaitu mudah untuk dibersihkan serta dilihat dari segi harga pemasangan cukup murah. Untuk pengaplikasian tempat minum ayam manual ini biasanya pada peternak dengan sistem terbuka dan skala kecil. Kekurangan dari tempat minum ayam manual ini adalah dari segi kebersihannya. Ayam biasanya akan mengotori tempat minum tersebut sehingga peternak harus mengganti air dan membersihkannya setiap hari agar kebersihan air tetap terjaga. Namun hal ini justru akan berdampak pada pemborosan air. Selain itu juga berdampak pada kebersihan kandang dikarenakan air pasti akan tumpah ke tanah karena aktivitas ayam yang berlebihan yang menyebabkan bau di kandang akan tinggi. Tempat minum ayam ini dapat digunakan untuk ayam broiler maupun ayam petelur.

  • Tempat Minum Ayam Otomatis

Tempat Minum ayam Otomatis biasanya digunakan untuk ayam dengan sistem semi close atau kandang yang dapat dibuka dan ditutup. Peralatan kandang jenis ini memiliki kelebihan yaitu air akan terisi otomatis apabila habis atau berkurang dan berhenti apabila air sudah cukup terisi pada galon minum otomatis. Selain itu tempat minum ayam otomatis juga dapat mengurangi stress pada ayam akibat seringnya penggantian air minum jika pada sistem manual. Tempat minum ayam jenis ini memiliki komponen antara lain bell drinker , ballast (botol pemberat) , selang , mekanisme otomatis , saddle connector dan hanger. Karena sistemnya otomatis maka kesegaran air akan tetap terjaga. Pemasangan tempat minum otomatis cukup mudah yaitu pipa air yang sudah di lubangi lalu dipasangkan saddle connector yang terhubung dengan selang untuk mengalirkan air pada dinding galon tempat minum. Cara pemasangannya harus benar, apabila tidak benar maka air akan mengalir terus dan membasahi tanah / sekam. Tempat minum ayam otomatis ini memiliki kapasitas yang besar yaitu rasionya 1 : 65 artinya 1 buah tempat minum dapat digunakan untuk 65 ekor ayam. Tempat minum ayam ini dapat digunakan pada jenis ayam broiler. Jenis merk yang umumnya dijual adalah Medion, Sierad, dan Tajimaku.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *