kandang ayam clse house

Bisnis ternak ayam broiler merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Ayam broiler adalah jenis ayam yang dibesarkan khusus untuk tujuan komersial, dan banyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan dan minuman. Namun, seperti bisnis lainnya, ada keuntungan dan kerugian yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis ternak ayam broiler. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai untung rugi bisnis ternak ayam broiler.

Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Broiler

  • Permintaan Tinggi

Permintaan terhadap ayam broiler di Indonesia sangat tinggi, terutama di kota-kota besar. Hal ini disebabkan oleh jumlah penduduk yang terus meningkat dan pertumbuhan industri makanan dan minuman yang pesat. Dengan begitu, bisnis ternak ayam broiler memiliki potensi pasar yang besar dan stabil.

  • Sistem Kemitraan

Banyak perusahaan yang menyediakan sistem kemitraan untuk bisnis ternak ayam broiler. Dalam sistem ini, perusahaan menyediakan bibit ayam, pakan, obat-obatan, dan peternak hanya perlu menyediakan kandang dan tenaga kerja. Keuntungan dari sistem ini adalah peternak dapat meminimalkan risiko kerugian dan mendapatkan bimbingan serta dukungan teknis dari perusahaan.

Kerugian Bisnis Ternak Ayam Broiler

  • Persaingan Tinggi

Bisnis ternak ayam broiler memiliki persaingan yang cukup ketat karena banyak peternak yang berlomba-lomba dalam memasok pasokan ayam broiler ke industri makanan dan minuman. Hal ini dapat menyebabkan harga jual ayam broiler menjadi rendah.

  • Risiko Kesehatan Ayam

 Ayam broiler memiliki risiko kesehatan yang cukup tinggi, seperti penyakit menular, stres, dan kekurangan nutrisi. Jika tidak diatasi dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kematian massal dan merugikan peternak.

  • Ketergantungan pada Pasar Bisnis

 ternak ayam broiler sangat tergantung pada kondisi pasar. Jika permintaan pasar menurun, maka harga jual ayam broiler akan turun dan peternak akan mengalami kerugian.

Kesimpulan

Bisnis ternak ayam broiler memiliki keuntungan dan kerugian yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis ini. Keuntungan utamanya adalah permintaan pasar yang tinggi, modal terjangkau, dan adanya sistem kemitraan. Namun, bisnis ini juga memiliki kerugian seperti persaingan tinggi, risiko kesehatan ayam, dan ketergantungan pada pasar. Oleh karena itu, peternak harus mempertimbangkan semua faktor ini dengan baik sebelum memulai bisnis ternak

untuk info peralatan ternak ayam broiler bisa hubungi :
Alka Sejahtera :
Ds. Blabak-Kec. Kandat-Kab. Kediri-jatim
TELEPON : (0354) 741 5117
Mobile : 0813 3485 3331

Surabaya :
Wisma Lidah Kulon B – 43 Lakarsantri-Surabaya
TELEPON : 031 994 240 23
Mobile : 0822 3982 1250 | 0858 8515 6387

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *