kandang baterai, kandang kawat besi, kandang, kandang ayam petelur, kandang

Bagi para peternak ayam petelur memiliki kandang ayam petelur yang bagus merupakan sebuah impian. Kandang ayam petelur bagi peternak yang biasa kadang menggunakan bambu maupun dari kawat besi. Kandang tersebut dinamakan kandang baterai karena bentuknya persegi serta panjang dan menyambung antara kandang 1 dengan yang lain. Kandang baterai biasanya disekat dan setiap sekatnya hanya bisa diisi oleh 2 ekor ayam.

Kandang baterai yang terbuat dari bambu memiliki kekurangan dan kelebihan yaitu dari kelebihannya alas dari bambu tidak merusak kaki ayam, sedangkan kekurangannya kayu akan mudah lapuk dimakan rayap. Apabila memakai kandang baterai menggunakan kawat besi kelebihannya tahan lebih lama dibanding dengan kandang baterai yang terbuat dari bambu, kekurangannya yaitu alas kandang baterai dapat melukai kaki ayam.

Dengan memakai kandang baterai kawat besi maka kotoran akan jatuh kebawah kandang langsung. Untuk bagian depan kandang dibuat miring kedepan dimaksudkan agar telur langsung menggelinding ke depan dan mudah untuk diambilnya.

Bagi para peternak ayam petelur, kandang baterai ini lebih hemat tempat dikarenakan pengaplikasiannya dapat disusun ke atas bagi peternak yang mengalami kesulitan tempat yang terbatas.

Kandang Baterai dari kawat besi memiliki berbagai ukuran yang dijual di pasaran, antara lain yang dapat memuat 6 ekor ayam dan 8 ekor ayam setiap kandangnya. Dari segi ukurannya standard yaitu panjang 120 cm, lebar 35 cm dan tinggi 35 cm.

Baca juga Kandang Ayam Petelur

Dengan memakai kandang baterai ayam petelur diharapkan produksi dari telur akan meningkat sehingga para peternak ayam petelur akan sejahtera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *