nipple ayam petelur, nipple ayam layer, nipple a2, nipple a3, nipple a4, nipple a5, nipple a7, nipple a8, nipple a9

Nipple untuk ayam ada dua jenis yaitu nipple untuk ayam pedaging dan untuk ayam petelur. Nipple ayam pedagingpun memiliki beberapa tipe. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah nipple ayam petelur. Nipple ayam petelur memiliki beberapa jenis lagi yaitu nipple yang ada mangkoknya dan nipple yang tidak ada mangkoknya atau terpisah. Nipple yang ada mangkoknya berfungsi sebagai wadah agar air tidak jatuh ke lantai, sedangkan yang tidak memakai mangkok air akan membasahi lantai saat ayam minum.

Kandang ayam umumnya memakai kandang baterai dan nipple yang dipakai adalah nipple ukuran a7. Pipa yang dipakai adalah ukuran 3/4 inch. pemasangan nipple ayam petelur sama dengan ayam pedaging yaitu dibor sesuai lubang nipple yaitu antara 9 sampai 10 centimeter.

Nipple jenis tanpa mangkok ada yang terbuat dari plastik dan ada yang terbuat dari stainless. Nipple yang terbuat dari plastik harus memakai saddle nipple agar nipple dapat masuk ke pipa karena nipple yang terbuat dari plastik harus di dratkan ke saddle nipple. Sedangkan nipple yang terbuat dari stainless hanya perlu mengebor pada bagian pipanya saja karena pemasangannya cuman dimasukkan saja ke pipa.

Artikel lain tentang ayam petelur dapat dibaca disini

Pemasangan Bak kontrol pada ujung pipa dapat mempermudah para peternak untuk mengontrol jumlah air yang di alirkan pada pipa. Dalam pembersihan bak kontrol juga harus diperhatikan agar ayam tidak terkena bakteri penyakit. Bak kontrol dapat diisi dengan vitamin agar ayam petelur terhindar dari penyakit serta telur yang dihasilkan juga berkualitas.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *