Kandang ayam adalah rumah bagi ayam yang memainkan peran penting dalam kesejahteraan dan produktivitas ternak. Namun, kandang ayam tidak hanya datang dalam satu varian; ada beberapa jenis kandang yang berbeda, masing-masing dengan kebutuhan peralatan yang khas. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kandang ayam konvensional, kandang bebas, dan kandang bergerak, serta bagaimana perbedaan jenis kandang ini memengaruhi peralatan yang diperlukan.

Kandang Ayam Konvensional

Kandang ayam konvensional adalah tipe kandang yang paling umum digunakan dalam peternakan ayam komersial. Ciri-ciri utamanya adalah:

  1. Terstruktur dan Tetap: Kandang ayam konvensional biasanya memiliki dinding dan atap yang kokoh, serta lantai tetap.
  2. Kapasitas Tinggi: Kandang ini dapat menampung banyak ayam, seringkali ratusan hingga ribuan ayam dalam satu kandang.
  3. Peralatan Otomatis: Kandang konvensional sering dilengkapi dengan sistem pakan otomatis, sistem air otomatis, dan sistem ventilasi yang canggih.
  4. Pemanas dan Lampu Pemanas: Kandang ini menggunakan pemanas dan lampu pemanas untuk menjaga suhu yang nyaman dan memberikan pencahayaan tambahan.

Kandang Bebas (Free-Range)

Kandang bebas memberikan lebih banyak kebebasan gerak bagi ayam. Ciri-ciri utamanya adalah:

  1. Akses ke Ruang Terbuka: Ayam diberikan akses ke ruang terbuka atau taman, di mana mereka dapat bergerak lebih bebas dan mencari makanan alami.
  2. Peralatan Dasar: Kandang bebas cenderung menggunakan peralatan yang lebih sederhana, seperti kandang terbuka dengan atap sederhana dan peralatan pakan yang lebih sederhana.
  3. Pengamanan Malam: Saat malam tiba, ayam seringkali dipindahkan ke kandang dengan pemanas dan pencahayaan tambahan.

Kandang Bergerak (Mobile Coops)

Kandang bergerak adalah kandang yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Ciri-ciri utamanya adalah:

  1. Portabilitas: Kandang bergerak dirancang agar dapat dipindahkan ke berbagai lokasi. Ini memungkinkan ayam untuk merumput di berbagai area.
  2. Peralatan Ringan: Kandang bergerak menggunakan peralatan yang ringan dan mudah diangkat. Ini termasuk kandang beroda, pakan portabel, dan pencahayaan sederhana.
  3. Perlindungan Malam: Saat malam tiba, ayam seringkali dipindahkan ke tempat yang lebih aman dengan perlindungan dari cuaca dan predator.

Bagaimana Perbedaan Jenis Kandang Memengaruhi Peralatan

Perbedaan jenis kandang sangat memengaruhi peralatan yang diperlukan:

  1. Kandang Konvensional: Memerlukan peralatan otomatis yang canggih, sistem ventilasi yang baik, dan perlengkapan untuk kandang yang lebih besar.
  2. Kandang Bebas: Memerlukan peralatan dasar yang sederhana dan perlindungan malam tambahan.
  3. Kandang Bergerak: Memerlukan peralatan yang mudah dipindahkan, seperti kandang beroda dan peralatan portabel.

Dalam semua jenis kandang, peralatan harus dipilih dengan hati-hati untuk memastikan kesejahteraan ayam dan efisiensi operasional. Memahami perbedaan antara jenis kandang adalah langkah penting dalam pemilihan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan kandang Anda dan menjaga ayam Anda tetap sehat dan bahagia.

untuk info dan pemesanan bisa hubungi :

Alka Sejahtera :

Ds. Blabak-Kec. Kandat-Kab. Kediri-jatim

TELEPON : (0354) 741 5117

Mobile : 0813 3485 3331

Surabaya :

Wisma Lidah Kulon B – 43 Lakarsantri-Surabaya

TELEPON : 031 994 240 23

Mobile : 0822 3982 1250 | 0858 8515 6387

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *