Perlengkapan Pendukung kandang ayam

Segala perlengkapan yang mendukung kesuksesan peternak ayam disebut perlengkapan support kandang ayam. Banyak peralatan pendukung kandang ayam yang berperan antara lain:

  1. Alat Pengukur Kadar air digunakan untuk mengukur kadar air dalam sekam alas kandang. Hal ini dimaksudkan agar pada kondisi sekam sudah basah akibat dari bercampurnya air minum ayam yang jatuh dengan kotoran sekam perlu diganti. jadi apabila tidak segera diganti dikhawatirkan akan memicu terjadinya penyakit yang nanti menjadikan terjadinya kematian pada ayam.
  2. Amonia Tester pada kandang ayam berfungsi untuk mengukur bau dalam kandang. Jika kadar bau amoniak terlalu tinggi maka akan berpengaruh juga pada pertumbuhan dan kualitas ayam.
  3. Anemometer disini berfungi sebagai pengukur kecepatan angin kipas atau blower pada kandang ayam. Pada kipas dan blower terdapat standard kecepatan putaran yang nantinya juga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup ayam. Jika standard kecepatan pada kipas atau blower sesuai maka ayam akan dapat bertahan sampai panen tiba.
  4. Oxygen Tester digunakan untuk mengukur kadar udara yang bersih pada air minum ayam, jadi apakah oxygen lebih besar atau lebih kecil nilainya jika terdapat obat dalam air minum ayam tersebut.
  5. PH Meter digunakan untuk mengukur kadar keasaman pada air minum ayam.
  6. Thermohygrometer pada kandang ayam biasanya untuk mengukur suhu udara dan kelembaban. Suhu kandang harus stabil, jika suhu kandang lebih atau kurang makan dikhawatirkan akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan entah ayam sakit atau ayam mengalami kematian.
  7. Thermogun disini fungsinya juga mengukur suhu namun pengoperasiannya dengan cara ditembakkan pada tempat yang akan diukur suhunya.
  8. Temptron merupakan alat pengontrol suhu dan kelembaban yang dihubungkan dengan kipas atau blower, tirai kandang, pendingin, serta pendistribusian tempat pakan otomatis
  9. Kawat Seling digunakan sebagai penahan pipa tempat makan ayam otomatis, instalasi pipa nipple ayam, penarik tirai atau terpal kandang ayam.
  10. Klem seling adalah pasangan dari kawat seling yang digunakan untuk mengunci seling agar tidak lepas.
  11. Handwinch atau katrol fungsinya sebagai penarik kawat seling.
  12. Pulley digunakan sebagai jalur atau rel untuk kawat seling. ukurannya bervariasi tergantung seberapa besar kawat selingnya.
  13. Timbangan ada beberapa jenis dan merk. Timbangan yang bagus untuk mengukur berat atau bobot kandang yaitu salter. Salter disukai karena kakuratan kalibrasinya, jadi presisi atau pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *