Kipas Blower Kandang

Kipas Blower Kandang Ayam merupakan hal yang terpenting untuk kandang ayam dikarenakan blower kandang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara didalam kandang. Blower kandang umumnya dipakai pada kandang type close house atau bisa semi close house. Dalam dunia peternakan sekarang ini para peternak sudah mulai beralih dari kandang yang open menjadi close house maupun semi close house dikarenakan kandang close house lebih menguntungkan ketimbang masih menggunakan kandang dengan sistem open. Kandang sistem open peralatannya masih menggunakan sistem manual sedangkan kandang close house sudah serba otomatis jadi para peternak tidak perlu repot dalam mengisi pakan dan minum.

Blower kandang ayam selain digunakan untuk mengeluarkan hawa panas dalam kandang juga berfungsi untuk mengeluarkan bau amoniak dalam kandang. Jadi untuk menetralkan udara di dalam kandang agar ayam tidak terkena penyakit akibat bau amoniak dalam kandang.

Udara yang bersih dalam kandang close house sangatlah penting dikarenakan komponen yang penting dalam udara adalah oksigen yang berperan penting dalam pertumbuhan anak ayam atau DOC. Dikarenakan dalam kandang terdapat gas amoniak dan CO2 yang dapat mengganggu kesehatan ayam DOC dan dapat merusak bulu getar pada hidung ayam.

Blower atau exhaust fan kandang ayam terdapat 2 jenis yaitu box fan dan cone fan. Blower Box Fan hanya berbentuk kotak dan terdapat shutter yang bisa buka tutup untuk mengeluarkan udara dari dalam kandang. sedangkan cone fan berbentuk kotak dan memiliki corong di depan dan terdapat butterfly yang bisa buka tutup juga namun letaknya terdapat di dalam corongnya.

Blower kandang ayam close house ini rata rata memakai dinamo 3 phase sebab daya hisap dan daya dorongnya besar sehingga dapat menjangkau 1 kandang. Dalam kandang close house untuk mengoptimalkan pemakaian exhaust fan atau cone fan adalah dengan cara menyalakan 1 exhaust fan terlebih dahulu disaat umur ayam masih berumur 1 hari sampai 1 minggu. Setelah berumur 1 minggu sampai 2 minggu blower yang kedua, setelah umur 2 – 3 minggu blower yang ketiga dan keempat dinyalakan. untuk umur 3-4 minggu blower yang ke 5 dan ke 6 dinyalakan.

Untuk blower yang umum dipakai pada kandang close house adalah 50 inch, ada juga yang 36 inch. Untuk ukuran blower kandang ayam yang dipakai dapat dipakai sesuai dengan ukuran kandang. Blower yang dipasang pada kandang ayam close house biasanya dipasang searah. Jika dipasang banyak arah maka ayam akan stress. Untuk pemasangan blower ini diharuskan antara 50-100 cm dari permukaan kandang agar angin tidak mengenai badan ayam secara langsung. Yang perlu dipahami untuk kecepatan angin harus 2,5 m/s.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *